Thursday, January 22, 2009

Edisi Indonesia 4:Kuih Keria





nyambung lagi di edisi indonesia ya....

pertama kali liat buku "Kue - kue khas Melayu" di periplus langsung deh jatuh cinta pengen nyobain resep ini soalnya saya pecinta donat dan ubi hahaha...

saya menggunakan ubi ungu karena di supermarket cuma ada itu (cliche banget yah ;p)

Ini resepnya saya copy paste yah dari periplus mini cookbooks

Bahan:
350 gr kentang ubi jalar kuning atau oranye
75 gr (1/2 cangkir) tepung terigu
1/2 sdt baking powder
minyak untuk menggoreng
gula pasir halus untuk taburan

Cara membuat:
  1. Cuci dan sikat ubi di bawah air kran. Rebus hingga matang. Tiriskan dan dinginkan. (Saya biar gampang dan lebih sehat, setelah disikat bersih, langsung saya kuliti dan kukus hingga matang)
  2. Kupas kulitnya (jika direbus dengan kulit sesuai resep). Lumatkan hingga halus, buang serat yang kasar.
  3. Ayak tepung terigu dan baking powder, tambahkan ubi halus, uleni hingga rata.
  4. Ambil adonan kira-kira 30g, bulatkan dengan tangan, taburi tangan dengan sedikit tepung agar tidak lengket. Pipihkan sedikit dan buat lubang di tengahnya dengan tangkai sendok kayu yang dilumuri tepung. Rapikan lubang dengan tangan agar donat cantik dan mulus. Ulangi sampai adonan habis. Taruh di baki atau kain bertabur tepung.
  5. Masukkan minyak ke wajan setinggi 2 cm dan panaskan di atas api sedang. Jaga agar suhu minyak tetap rendah, goreng donat sampai coklat keemasan di kedua sisinya, sekitar 6-7 menit. Tiriskan di atas tisu.
  6. Secara tradisional, donat digulingkan di atas gula cair yang dimasak sampai terbentuk kristal di permukaannya. Cara yg lebih mudah dan sehat adalah dengan menggulingkannya di atas gula pasir halus. Sajikan segera
menurut saya ini mirip sekali dengan adonan misro ubi jalar... kapan2 mo nyobain ah pake gula merah buat isiannya :)






No comments:

Post a Comment

Thanks for "icip - icip" ya...